Kearifan Lokal, Potensi Pembangkit Ekonomi

Tapis Negeri Katon, Pesawaran: Kearifan Lokal, Potensi Pembangkit Ekonomi
.
Pada zaman dahulu, tak banyak pengrajin tapis di Desa Negeri Katon mengingat harga penjualan tapis cenderung murah. Namun saat ini sudah mulai berkembang hingga akhirnya hampir seluruh penduduk di desa tersebut menjadi pengrajin tapis.
.
Para pengrajin tapis di Desa Negeri Katon ini didominasi oleh para ibu-ibu rumah tangga sebagai penghasilan tambahan untuk ekonomi keluarga.
.
Kain tapis di Desa Negeri Katon ini merupakan khas Pepadun, dan di Lampung sendiri ada dua kabupaten yang memproduksi tapis yaitu Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Pesisir Barat.
.
Bedanya dengan tapis Pesisir pembuatannya juga sudah beda. Kalau Pepadun itu pakai papan tekang (alat pembuat tapis), kalau Pesisir itu pakai meja. Motifnya pun beda, kalau kami banyak tapis Abung.
.
Gak hanya sekedar sarung dan selendang saja. Ada juga produk turunan seperti bros tapis, jilbab tapis, peci tapis, dompet tapis, sendal tapis, pernik-pernik tapis.
.
Harganya tapis hasil produksi Desa Negeri Katon ini pun bervariatif, mulai dari Rp55 ribu hingga Rp3 juta disesuaikan dengan jenis kain dan tingkat kesulitan pembuatannya.
.
Desa Negeri Katon tak hanya sekedar menjadi Kampung Tapis namun bisa menjadi Kampung Wisata untuk edukasi para wisatawan yang mengunjungi desa tersebut.
.
Kampung Wisata, jadi tidak hanya tapisnya saja tetapi budayanya juga. Orang bisa belajar Bahasa Lampung, menderes karet, dan ada kulinernya juga lo gaes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *