Dispar Pesawaran Ikuti Zoom Meeting ‘KEK Pariwisata’ Kemenparekraf

Dispar Pesawaran Ikuti Zoom Meeting dengan Kamenparekraf program KEK Pariwisata dan Program Dewi dan Dedi, Senin 12/4/2021.
.
Rapat diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom meeting.
.
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata
Zona pariwisata diperuntukkan bagi kegiatan usaha pariwisata untuk mendukung penyelenggaraan hiburan dan rekreasi, pertemuan, pameran serta kegiatan terkait. Indonesia memiliki kekayaan alam dengan keanekaragaman jenis atraksi wisata alam kelas dunia. Atraksi wisata alam tersebut meliputi daya tarik ekowisata, bahari, pulau-pulau kecil serta danau dan gunung tersebar di seluruh wilayah yang berpotensi untuk dikembangkan. Kekayaan budaya yang tinggi dan beranekaragam juga menjadi potensi yang sangat tinggi untuk dilestarikan melalui pembangunan kepariwisataan.
.
Minat utama wisatawan datang ke suatu destinasi pariwisata juga didorong oleh daya tarik wisata budaya dengan kekayaan seperti adat istiadat, peninggalan sejarah dan purbakala, kesenian, monumen, upacara-upacara dan peristiwa budaya lainnya. Kemajemukan bangsa Indonesia didukung dengan keramahtamahan penduduknya menjadi potensi yang sangat besar dalam peningkatan kepariwisataan. KEK diharapkan dapat menjadi objek wisata terintegrasi (integrated area tourism) antara wisata alam, wisata budaya hingga wisata MICE (MICE and events tourism).
.
Desa wisata merupakan bagian dari pengembangan pariwisata berkelanjutan dan menjadi salah satu program Pemerintah Republik Indonesia yang diharapkan dapat mempercepat kebangkitan pariwisata dan memicu pertumbuhan ekonomi.
Namun tidak setiap desa dapat dijadikan desa wisata, karena sekurangnya diperlukan 3 komponen untuk membangunnya. Komponen pertama adalah dengan melihat potensi wisata yang tersedia. Di sini perangkat desa harus memiliki basis data yang jelas mengenai lahan, lokasi, daerah serta bagaimana ekosistem yang dapat membantu pengembangan destinasi wisata nantinya.
.
Salah satu program prioritas tahun 2021 adalah Digitalisasi Desa yang otomatis Internet Desa, Kemenkominfo menjadi leading sector soal digitalisasi ini untuk menarik akses internet masuk desa maka Dana Desa bisa digunakan untuk itu.
.
Kamenparekraf mengharapkan desa untuk mengeksplorasi atau memanfaatkan potensi yang sudah ada.
.
Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan bahwa desa wisata telah menjadi tren pariwisata dunia, yang menawarkan pengalaman liburan otentik di tengah lingkungan santai dan sehat. Untuk itu diperlukan program-program sinergi mengembangkan desa wisata agar memunculkan daya tarik wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bupati Dendi Ramadhona hadiri acara Diskusi Semangat Kolaborasi Bangkitkan Pariwisata Pesawaran di Arter Tirta Desa Harapan Jaya - 3.jpg
Berita

Bupati Dendi: Kolaborasi Salah Satu Upaya Gairahkan Kembali Pariwisata Pesawaran

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengajak pelaku wisata memperkuat kolaborasi gairahkan pariwisata. Untuk bangkit bersama setelah penurunan status menjadi PPKM Level 3. Kolaborasi pentahelix menjadi salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk dapat menggairahkan kembali pariwisata. Pentahelix (ABCGM) tersebut antara lain; Academi, Business Community, Governmenet, dan Media. Bupati Dendi, saat hadir di acara Diskusi “Semangat Kolaborasi […]

Read More
Ingin Destinasi Buka, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona Ajak Pelaku Wisata Berkomitmen Bersama
Berita

Ingin Destinasi Buka, Bupati Dendi Ajak Pelaku Wisata Berkomitmen Bersama

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona terus mendorong agar tempat wisata bisa segera buka kembali. Hal ini disampaikan di sela-sela acara diskusi pariwisata di Air Terjun Tirta, Dusun Sinar Dua Atas, Desa Harapan Jaya, Way Ratai, Selasa (07/09/2021) siang. Baca juga: HUT Pesawaran ke-14, Bupati Dendi: Pemkab Pentingkan Keselamatan Masyarakat Menurut Bupati Dendi, sektor pariwisata adalah sektor […]

Read More
Berita

Kunjungan Kerja Staf Ahli Bupati Kabupaten Muara Enim

Hari ini Rabu (25/8/21) Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran menerima kunjungan kerja staf Ahli Bupati Kabupaten Muara Enim beserta perangkat daerah dalam rangka studi pembelajaran daerah wisata di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Pesawaran..Dalam hal ini Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran @elsafrifahrizal memberikan presentasi trend before dan after berpariwisata pasca covid-19 di kabupaten pesawaran..Turut hadir Staf […]

Read More