Tapis Negeri Katon, Kearifan Lokal Pembangkit Ekonomi Daerah

Tapis Negeri Katon, Pesawaran: Kearifan Lokal, Potensi Pembangkit Ekonomi
.
Pada zaman dahulu, tak banyak pengrajin tapis di Desa Negeri Katon mengingat harga penjualan tapis cenderung murah. Namun saat ini sudah mulai berkembang hingga akhirnya hampir seluruh penduduk di desa tersebut menjadi pengrajin tapis.
.
Para pengrajin tapis di Desa Negeri Katon ini didominasi oleh para ibu-ibu rumah tangga sebagai penghasilan tambahan untuk ekonomi keluarga.
.
Kain tapis di Desa Negeri Katon ini merupakan khas Pepadun, dan di Lampung sendiri ada dua kabupaten yang memproduksi tapis yaitu Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Pesisir Barat.
.
Bedanya dengan tapis Pesisir pembuatannya juga sudah beda. Kalau Pepadun itu pakai papan tekang (alat pembuat tapis), kalau Pesisir itu pakai meja. Motifnya pun beda, kalau kami banyak tapis Abung.
.
Gak hanya sekedar sarung dan selendang saja. Ada juga produk turunan seperti bros tapis, jilbab tapis, peci tapis, dompet tapis, sendal tapis, pernik-pernik tapis.
.
Harganya tapis hasil produksi Desa Negeri Katon ini pun bervariatif, mulai dari Rp55 ribu hingga Rp3 juta disesuaikan dengan jenis kain dan tingkat kesulitan pembuatannya.
.
Desa Negeri Katon tak hanya sekedar menjadi Kampung Tapis namun bisa menjadi Kampung Wisata untuk edukasi para wisatawan yang mengunjungi desa tersebut.
.
Kampung Wisata, jadi tidak hanya tapisnya saja tetapi budayanya juga. Orang bisa belajar Bahasa Lampung, menderes karet, dan ada kulinernya juga lo gaes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bupati Dendi Ramadhona hadiri acara Diskusi Semangat Kolaborasi Bangkitkan Pariwisata Pesawaran di Arter Tirta Desa Harapan Jaya - 3.jpg
Berita

Bupati Dendi: Kolaborasi Salah Satu Upaya Gairahkan Kembali Pariwisata Pesawaran

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengajak pelaku wisata memperkuat kolaborasi gairahkan pariwisata. Untuk bangkit bersama setelah penurunan status menjadi PPKM Level 3. Kolaborasi pentahelix menjadi salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk dapat menggairahkan kembali pariwisata. Pentahelix (ABCGM) tersebut antara lain; Academi, Business Community, Governmenet, dan Media. Bupati Dendi, saat hadir di acara Diskusi “Semangat Kolaborasi […]

Read More
Ingin Destinasi Buka, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona Ajak Pelaku Wisata Berkomitmen Bersama
Berita

Ingin Destinasi Buka, Bupati Dendi Ajak Pelaku Wisata Berkomitmen Bersama

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona terus mendorong agar tempat wisata bisa segera buka kembali. Hal ini disampaikan di sela-sela acara diskusi pariwisata di Air Terjun Tirta, Dusun Sinar Dua Atas, Desa Harapan Jaya, Way Ratai, Selasa (07/09/2021) siang. Baca juga: HUT Pesawaran ke-14, Bupati Dendi: Pemkab Pentingkan Keselamatan Masyarakat Menurut Bupati Dendi, sektor pariwisata adalah sektor […]

Read More
Berita

Kunjungan Kerja Staf Ahli Bupati Kabupaten Muara Enim

Hari ini Rabu (25/8/21) Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran menerima kunjungan kerja staf Ahli Bupati Kabupaten Muara Enim beserta perangkat daerah dalam rangka studi pembelajaran daerah wisata di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Pesawaran..Dalam hal ini Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran @elsafrifahrizal memberikan presentasi trend before dan after berpariwisata pasca covid-19 di kabupaten pesawaran..Turut hadir Staf […]

Read More