Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona Buka Koi Festival 2022 di Pesawaran.
Koi Festival 2022 di Pesawaran diikuti oleh 300 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. (Foto: Tribunlampung/Oky Indra Jaya)

Pemerintah Kabupaten Pesawaran berkolaborasi dengan Lampung Koi Community (KLC) menyelenggarakan festival ikan Koi, Sabtu (30/07/2022), bertempat di GSG Pemkab Pesawaran, Lampung.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona datang dan membuka secara langsung Koi Festival 2022 yang mengusung misi budidaya sekaligus menaikan taraf ekonomi masyarakat.

Baca juga:
* Ekowisata Harus Jadi Unique Selling Point Pariwisata

Bupati Dendi Ramadhona mengapresiasi Koi Festival yang baru pertama kali ini digelar di Pesawaran. Terutama karena melibatkan ratusan peserta dari luar Pesawaraj dan Lampung.

Peserta festival ini antara lain berasal dari Jawa barat, Jawa Tengah, Bali, Sumatera Selatan.

“Pemkab Pesawaran menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya festival ini. Komunitas ikan Koi di Lampung baru pertama kali menggelar acara yang melibatkan banyak peserta seperti ini,” Dendi memberi apresiasi.

“Pesawaran memiliki banyak potensi yang bisa terus dikembangkan. Salah satunya kondisi alam yang bagus. Jika dimanfaatkan dengan baik, misalnya dalam pengembangan budidaya ikan hias, tentu akan memiliki manfaat secara ekonomi,” Kata Dendi.

Bupati Dendi mengungkapkan, Pesawaran juga telah mengembangkan jenis Koi lokal dengan nama Jadong atau Japan Kedondong. Ikan Koi jenis ini dihasilkan dari persilangan koi impor asal Jepang dan koi lokal.

Ketua Pelaksana Koi Festival 2022 mengatakan, banyak peserta dan penonton yang hadir selama acara.

“Kami apresiasi sekali dengan antusiasnya peserta dan penonton yang hadir. Yang tentunya menambah semarak acara ini” tuturTomi.

“Banyak ikan koi yang dilombakan, ini membuat penonton antusias untuk datang,” Ujar Toni.

Baca juga:
* Ekowisata Mangrove Cuku Nyinyi yang Menawan

Koi Festival 2022, Tomi menjelaskan, diikuti kurang lebih 300 peserta. Dan dibuka langsung oleh bupati Pesawaran Dendi Ramadhona.

Lomba dibagi menjadi beberapa kategori. Antara lain; ukuran, performa, warna, corak dan juga kesehatan ikan koi.