Air Terjun Sinar Tiga Jadi Tujuan Famtrip Festival Krakatau 2022 - Perdiansyah @ferdiawed.
Peserta Lampung Famtrip 2022, yang masuk dalam rangakain Festival Krakatau 2022, berfoto bersama diAir Terjun Sinar Tiga. (Foto: Perdiansyah @ferdiawed)

Sejumlah destinasi wisata eksotis di Lampung menjadi tujuan kegiatan familiarization trip (Famtrip) yang menjadi salah satu rangkaian acara Festival Krakatau 2022. Salah satu destinasi yang dikunjungi adalah Air Terjun Sinar Tiga.

Air Terjun Sinar Tiga adalah sebuah air terjun yang berada di pinggiran kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rahman. Juga menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Desa Harapan Jaya di Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran

Baca juga:
* Air Terjun Sinar Tiga yang Indah dan Sejuk

Ada sekitar 30 orang yang menjadi partisipannya. Mewakili asosiasi travel, awak media, komunitas, dan influencer.

Pemilik akun instagram @selampung, Ahmad Zakaria, mengatakan famtrip ini memperkaya pemahaman peserta tentang potensi wisata alam yang ada di Lampung.

“Saat ini yang sering menjadi tujuan adalah Pulau Pahawang dan pulau di sekitarnya. Padahal Lampung memiliki banyak detinasi wisata alam yang tidak kalah indahnya. Termasuk Air Terjun Sinar Tiga ini,” ujar pria yang akrab disapa Kakak Zack, Minggu (28/8/2022) malam.

“Saya lihat peserta famtrip asal luar Lampung sangat antusias saat datang ke air terjun ini. Semua senang saat tiba di air terjun,” katanya.

Hal menarik lainnya, kata Kakak Zack, saat menuju air terjun peserta melewati hutan yang rindang.

“Sangat jarang orang kota bisa menikmati suasana hutan seperti ini. Pemandu lokal juga sangat membantu, menjelaskan banyak jenis tumbuhan di sepanjang jalur menuju air terjun,” imbuhnya.

“Pemandu lokal sangat proaktif. Selesai dari air terjun kami diajak berkeliling desa. Mendatangi pengrajin kayu, produsen kopi, produsen minyak pala, dan lainnya. Kami juga diajak makan labu gula aren yang diolah secara tradisional,” Pungkas Kakak Zack.

Dalam kesempatan terpisah, Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran Yudiana, mengapresiasi kegiatan famtrip dalam rangka Festival Krakatau ini.

“Meskipun ini acara provinsi, tapi yang dikunjungi adalah destinasi wisata di Kabupaten Pesawaran,” ujar Yudiana.

“Kami juga membutuhkan banyak pihak untuk menyebarkan informasi bahwa Pesawaran bukan hanya Pahawang saja. Kita memiliki banyak destinasi wisata alam yang masih alami. Termasuk Air Terjun Sinar Tiga,” terangnya.

“Diharapkan travel agent yang mengikuti famtrip ini bisa segera membawa tamunya untuk berwisata di hutan yang ada di Pesawaran juga. Sehingga bisa menambah lama waktu berkunjung di Pesawaran,” Tutur Yudiana.

“Juga kawan-kawan influencer, bantu menyebarkan sisi keindahan lain dari Kabupaten Pesawaran,” Pungkasnya.

Kunjungan ke Air Terjun Sinar Tiga ini didukung oleh Restu Bumi Adventure T&T, yang sudah beberapa kali menyelenggarakan tur wisata ke air terjun yang berada di Desa Wisata Harapan Jaya ini.

Partisipan famtrip antara lain; perwakilan ASITA Lampung, ASITA Banten, ASTINDO Jawa Barat, ASTINDO DKI Jakarta.

Lalu ada beberapa travel agent seperti REX Tours, Aero Travel Indonesia, Fadwa Wisata Global, Kembang Wisata Group, Shangrila Tour & Travel, dan Zafir Tour.

Baca juga:
* 10 Air Terjun di Pesawaran yang Asyik buat ‘Healing’

Selain itu, juga oleh beberapa awak media, komunitasm dan influencer asal Bogor, Lampung dan Palembang. Antara lain; @lampuung @selampung @infokyai @inilampungyay @lampungsociety @pesawarann @palembangsekilasinfo @palembang.terciduk @kakakpromo.lampung @wajahlampung @tapisblogger @tanggamuus @ummuhanii89 @megadianaz @devipurnamasyari @jelitagbriella @ferdiawed @kinan_jepret @heben_ezer.