Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Musrenbang Kecamatan Tahun 2022
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Musrenbang Kecamatan Tahun 2022 di Aula Pemkab Pesawaran, Kamis (24/02/2022). (Foto: @prokopimpesawaran)

Bupati Dendi Ramadhona meminta desa-desa di Pesawaran untuk lebih menggali potensi sumber daya alam dan menguasai informasi teknologi (IT).

Hal tersebut dikatakannya saat memberi sambutan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Tahun 2022 di Aula Pemkab Pesawaran, Kamis (24/02/2022).

Bupati Dendi menuturkan, dengan menggali potensi sumber daya alam, desa bisa meningkatkan pendapatan untuk membangun wilayahnya masing-masing secara mandiri.

Baca juga:
* Bupati Dendi: Ayo Berkunjung ke Pulau Wayang

“Jika seluruh desa sudah memiliki potensi yang dapat menaikkan pendapatan, tentu akan membantu pembangunan di wilayah itu sendiri.

“Terlebih ketika ada kebijakan pemerintah pusat terkait dengan penggunaan DD seperti tahun ini,” kata Dendi Ramadhona.

Selain itu, Dendi mengingatkan, kepala desa juga harus bisa menguasai informasi teknologi (IT). Karena di zaman digitalisasi sekarang ini, semuanya sudah menggunakan sistem online.

“Saya minta seluruh kepala desa harus menguasai IT. Digitalisasi saat ini memaksa kita mengikuti kemajuan teknologi dalam beraktifitas. Pertanian, perikanan, kelautan dan lainnya sekarang telah menggunakan IT dalam melayani dan transaksinya.” Tegasnya.

“Kalau masih ada kades yang malas belajar IT, ya siap-siap saja ketinggalan zaman dan informasi,” ia menambahkan.

Untuk mempercepat akselerasi pembangunan, Dendi mengungkapkan, nantinya pemkab akan menggulirkan program satu desa satu mahasiswa.

Setiap desa akan mendapatkan beasiswa untuk mahasiswanya. Sehingga diharapkan digitalisasi akan bisa menggerakkan perekonomian desa.

“Ke depan, kita akan fokus pada peningkatan sumber daya manusia, dengan menerapkan satu desa satu mahasiswa. Guna mengkoneksikan bisnis digital marketing sehingga desa nantinya lebih produktif lagi,” Ujarnya.

Dilansir dari pesawarankab.go.id, ada 2 hal yang melatarbelakangi kegiatan Musrenbang Kecamatan 2022 ini.

Pertama; berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mewajibkan Pemerintah Daerah Menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

“Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu diadakan Musrenbang secara berjenjang mulai dari tingkat Desa, Kecamatan sampai dengan tingkat Kabupaten. Untuk menyerap aspirasi masyarakat, sebagai bahan masukan Pemerintah Kabupaten Pesawaran kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk menyusun rencana kerja pemerintah (RKP).” Dendi Ramadhona menguraikan.

Tujuan untuk mendapatkan keselarasan antara Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP).

Yang Kedua adalah, untuk memfasilitasi penyampaian aspirasi masyarakat di wilayah Kecamatan, selanjutnya untuk diusulkan ke tingkat Kabupaten. Fokusnya untuk menyusun usulan skala prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2023.

“Sedangkan sasaran pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan kecamatan adalah hasil kegiatan Musrenbang tingkat Desa se-wilayah Kecamatan”, tambahnya.

Bupati Dendi juga meminta para camat untuk lebih cepat tanggap terhadap situasi dan kejadian yang ada di wilayahnya. Yaitu dengan selalu memantau situasi dan kondisi wilayah masing-masing.

“Meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi di wilayah kita. Agar senantiasa menjaga kondisi yang kondusif di wilayah masing-masing, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat berkesinambungan.” Dendi berpesan.

“Semoga Musrenbang ini dapat mewujudkan program kegiatan yang berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pesawaran dan semoga Allah SWT memberikan petunjuk, kekuatan dan kemampuan kepada kita semua, Aamiin.” Pungkas Dendi Ramadhona.

Baca juga:
* Bupati Dendi: Kolaborasi Salah Satu Upaya Gairahkan Kembali Pariwisata Pesawaran

Musrenbang kecamatan ini digelar secara virtual diikuti 7 kecamatan. Yaitu Kecamatan Way Lima, Kedondong, Padang Cermin, Marga Punduh, Way Khilau, Gedong Tataan, dan Punduh Pidada.

Dalam kesempatan tersebut juga diresmikan Rumah Desa Sehat (RDS) oleh Ketua Bidang 1 T.P. PKK Kab. Pesawaran Nurhayati Marzuki, S.Pd.,MM.