Bupati Pesawaran menerbitkan surat intruksi Nomor 7 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan kriteria level 3, pada Rabu (11/8/2021).

Bupati juga meminta agar posko penanganan Covid-19 ditingkat kecamatan dan desa untuk mengoptimalkan pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesawaran.

Instruksi ini merujuk pada Instruksi Mendagri Nomor 32 tahun 2021 tentang PPKM level 3, level 2, level 1 dan intruksi Gubernur Lampung Nomor 15 tahun 2021 tentang perpanjangan PPKM level 3.

(Informasi lebih lengkap dan jelas mengenai PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1, bisa dilihat dan unduh di link berikut: Instruksi Mendagri tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2 Covid-19 )

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa menjelaskan, pada intinya Bumi Andan Jejama ini harus melaksanakan PPKM level 3. Sesuai dengan instruksi Mendagri dan intruksi Gubernur Lampung.

“Walaupun Kabupaten Pesawaran masuk level 3, namun Kabupaten kita tetap masuk dalam zona merah,” jelas Kesuma Dewangsa seperti dilansir pesawarankab.go.id, Kamis (12/08/2021).

Kesuma Dewangsa pun menekankan agar setiap Satgas Covid-19 di tingkat kecamatan hingga desa tetap harus waspada dan jangan sampai lengah.

“Dalam beberapa hari ini Kabupaten Pesawaran yang terkonfirmasi Covid-19 ini sudah mulai melandai. Dalam arti sudah mulai menurun.” Ujar Kusuma Dewangsa.

“Akan tetapi indikator penentuan tingkat zona merah itu banyak. Seperti jumlah yang terpapar, keterisian tempat tidur rumah sakit, tingkat kematian, dan lainnya. Sehingga status kita masih masuk dalam zona merah,” Paparnya.

Insyaallah Kabupaten Pesawaran, imbuh Kusuma, bisa turun ke zona orange. Namun untuk itu Satgas kecamatan hingga desa harus bisa mempertahankan dan selalu aktif, dan jangan kendor.

Ia pun berharap, pemerintah daerah bersama aparat TNI-Polri dan masyarakat dapat berkerja sama. Yaitu dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Pesawaran.

“Untuk pemerintah daerah, TNI-Polri, dan Satgas harus terus mengawasi masyarakat supaya tetap menjalankan protokol kesehatan yang ada,” Katanya.

Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Kusuma menjelaskan, terus berusaha dalam mendapatkan vaksin. Yaitu dengan mengajukan kepada pemerintah pusat melalui Pemprov Lampung.

Pariwisata dalam Masa PPKM Level 3

Dalam Inmendagri tersebut dijelaskan mengenai pelaksaan kegiatan pariwisata dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Dijelaskan bahwa, untuk kegiatan di area publik untuk ditutup sementara waktu. Bisa buka kembali bila wilayah dimaksud sudah dinyatakan aman oleh pemerintah daerah setempat.

Area publik yang dimaksud antara lain; fasilitas umum, tempat wisata umum, taman umum, dan area umum lainnya.

Termasuk untuk ditutup sementara waktu adalah berbagai kegiatan seni, budaya, sosial kemasyarakatan yang bisa menyebabkan keramaian dan kerumunan.

Sedangkan untuk warung makan, pedagang kaki lima, dan sejenisnya diperbolehkan buka. Dengan catatan harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Rumah makan dan kafe skala kecil boleh menerima kunjungan dine-in, dengan kapasitas 50 persen. Sedangkan rumah makan dan kafe skala besar hanya menerima take away atau delivery.