Wisata Mangrove Cuku Nyinyi Sidodadi Teluk Pandan Pesawaran - @andisopian30
(Foto: IG @andisopian30)

Hutan Mangrove Cuku Nyinyi menyuguhkan keunikan flora dan fauna yang hidup berdampingan di dalamnya. Serta keindahan replika Menara Eiffel yang menawan. Menambah destinasi wisata baru yang hadir di Kabupaten Pesawaran.

Wisata Mangrove Cuku Nyinyi ini berada di Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan. Letaknya berdekatan dengan Mangrove Petengoran.

Baca juga:
* Pesona Hutan Mangrove Petengoran di Desa Gebang

Berangkat dari Kota Bandar Lampung, akan menempuh jarak sekitar 19 kilometer. Dan hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit berkendara.

Berada di sini pengunjung dapat mengamati keunikan hamparan hutan mangrove seluas sekitar 10 hektar. Ada beberapa jenis mangrove yang tumbuh di sini.

Selain itu terdapat berbagai satwa yang hidup atau singgah. Anda bisa melihat beragam ikan-ikan kecil berenang di sekitar. Kemudian ada kepiting atau kerang di sela-sela akar pohon mangrove.

Di waktu-waktu tertentu juga akan terlihat beberapa jenis burung berdatangan. Kesemuanya menambah asri suasana hutan mangrove.

Wisata Mangrove Cuku Nyinyi Sidodadi Teluk Pandan Pesawaran - ist
(Foto: ist)

Untuk menambah daya tarik, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwsi) Desa Sidodadi telah membangun sebuah replika Eiffel setinggi 12 meter.

Bagian bawah menara memiliki ukuran 8 x 8 meter. Anda bisa duduk-duduk santai di sini menikmati suasana. Atau menaiki menara untuk melihat pemandangan sekitar dari ketinggian.

Ekowisata di sini dikelola oleh Pokdarwis berkolaborasi dengan Pokmaswas dan BUMDes.

Kepala Dinas Pariwisata Pesawaran Ketut Partayasa mengatakan, Desa Sidodadi sudah ditetapkan sebagai desa wisata pada tahun 2018 lalu.

Dan akan dikutsertakan dalam gelaran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 mendatang.

Untuk memuaskan wisatawan, Ketut Partayasa menambahkan, pengelola telah melengkapinya dengan berbagai fasilitas pendukung. Mulai dari lahan parkir, jalur pejalan, pondokan.

Dan yang baru dan terlihat megah adalah replika Menara Eiffel yang terbuat dari kayu dan bambu.

Baca juga:
* Wisata Embung Desa Purworejo di Negeri Katon

Menikmati keindahan alam di sini, pengunjung bisa datang di pagi atau sore hari. Saat sinar matahari tidak terlalu terik.

Ayo piknik ke Ekowisata Hutan Mangrove Cuku Nyinyi di Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran.