Indonesia Stand Up Paddle 2022 Series 1 di pesawaran lampung 2
(Foto: dok. Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada penyelenggaraan kejuaraan “Indonesia Stand Up Paddle” seri pertama yang berlangsung pada 26 – 28 Agustus 2022 di Pantai D’rajash, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Menparekraf Sandiaga menyempatkan diri hadir di kejuaraan paddle yang mulai populer di masyarakat, di sela-sela kunjungan kerjanya.

Baca juga:
* Pahawang Culture Festival 2022 Momentun Kebangkitan Ekonomi Pesawaran

“Olahraga paddle akan menjadi magnet atau daya tarik wisata di Indonesia. Apalagi Indonesia adalah negara kepulauan, sehingga olahraga paddle sangat otensial untuk dikembangkan.” Kata Menteri Sandiaga Uno, Sabtu (27/8/2022).

Dengan begitu diharapkan akselerasi kebangkitan ekonomi dan penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di 2022 dapat diwujudkan.

“Saya ucapkan apresiasi kepada SUP.ID karena sudah menggagas series pertama ini di Lampung. Saya melihat ini adalah suatu semangat sport tourism untuk kebangkitan kembali pariwisata kita khususnya pariwisata berbasis bahari yang digabungkan dengan kegiatan stand up paddle yang sekarang lagi mulai naik daun,” kata Menparekraf Sandiaga.

Antusiasme peserta yang mengikuti kejuaraan paddle cukup tinggi, baik dari kalangan remaja sampai orang dewasa. Peserta yang berpartisipasi tidak hanya dari provinsi Lampung, namun juga dari daerah lain seperti Belitung, Jakarta, hingga Sumba. Kategori yang dilombakan sendiri terdiri dari 5 kilometer dan 1 kilometer.

Indonesia Stand Up Paddle 2022 Series 1 di pesawaran lampung 1
(Foto: dok. Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga turut menyaksikan penyerahan paddle berlogo Wonderfull Indonesia yang diserahkan secara simbolis oleh pihak Gladioator, Victor kepada Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Reza Pahlevi.

Nantinya paddle dengan berat 10 kg, tipe touring 12,6, dan dapat digunakan sejauh 5 kilometer dan 10 kilometer akan diberikan kepada Pokdarwis Desa Wisata Pahawang, Pesawaran Lampung. Desa Wisata Pahawang di kabupaten Pesawaran merupakan salah satu desa yang masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Kita harapkan daerah-daerah lainnya juga akan turut berpartisipasi dan ini adalah race seri satu, nanti kita akan ukur kerja sama yang efektif, inovatif dengan SUP.ID.” Kata Sandiaga Uno.

Baca juga:
* Ekowisata Harus Jadi Unique Selling Point Pariwisata

“Kita ingin event-event seperti ini lebih banyak sehingga mempopulerkan stand up paddle Indonesia sebagai daya tarik wisata karena ternyata tidak terlalu sulit untuk belajarnya dan cukup aman dan bisa dinikmati dari segala usia,” tutupnya.

Turut hadir Ketua Umum Stand Up Paddle Indonesia, Heriyanto.