pokdarwis sumber jaya way ratai ikuti camping Rehabilitasi Hutan dan Lahan - camping RHL - bukit kendeng pesawaran 2
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Kelompok Tani Hutan (KTH) Sumber Jaya Way Ratai saat mengikuti acara camping RHL di Bukit Kendeng, (20/02/2022). (Foto: Arif Salam/BPDASHLWSS)

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sumber Jaya Way Ratai mengikuti kegiatan camping Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) di Bukit Kendeng, pada 20-21 Februari.

Camping RHL ini menjadi salah satu rangkaian dalam acara kegiatan Penanaman Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Agroforestry Skema Bibit Unggul, yang diselenggarakan oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Way Seputih Way Sekampung (BPDASHL WSS), bersama UPTD KPH Pesawaran Dinas Kehutanan Provinsi Lampung.

Acara penanaman tersebut dibuat dengan konsep ‘Camping RHL’. Diikuti oleh Pokdarwis Desa Sumberjaya, Kelompok Tani Hutan, UPTD KPH Pesawaran, BPDASHLWSS dan penggiat lingkungan.

Baca juga:
* Air Terjun Sinar Tiga yang Indah dan Sejuk

Agendanya antara lain diskusi kelompok membahas rencana penanaman RHL. Serta rencana pengembangan agrowisata dengan tanaman buah unggul, dan berkemah.

Senin (21/02) pagi, seluruh peserta menikmati keindahan alam dan menanam bersama seluruh anggota kelompok tani dalam rangka RHL swakelola kelompok seluas 36 Ha.

Kepala BPDASHL WSS, Idi Bantara, mengatakan Kawasan Bukit Kendeng di Desa Sumberjaya, Kecamatan Way Ratai, ini dibawah pembinaan KPH Pesawaran.

“Lokasi ini memiliki potensi alam yang baik. Seperti camping ground, outbound, dan lahan hutan untuk penanaman. Juga tersedia warung mini, MCK dan sarana air bersih.” Kata Idi Bantara.

Camping ini, terang Idi, menjadi media pendidikan memahami fungsi hutan lindung dan peran masyarakat bagi kelestariaan hutan.

“Kawasan Wisata Bukit Kendeng adalah kawasan hutan lindung yang menjadi salah satu sasaran penanaman rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) tahun 2020.” Kata Idi Bantara di akun Facebooknya, Selasa (22/02) pagi.

Menurut Idi, potensi wisata Bukit Kendeng sangat baik. Lokasi camping sangat cocok bagi kawula muda yang suka tantangan.

“Puncak bukit yang memiliki ketinggian 1000 meter dari permukaan laut, tentu menyajikan suasana dingin ditemani angin yang cukup berdesir.” Ungkapnya.

Idi pun meyakini tempat ini mampu bersaing dengan kawasan wisata alam lain di Lampung.

“Akses menuju lokasi bisa ditempuh dengan jalan kaki, kira-kira jarak dari pemukiman sejauh 1 km, atau naik ojek hutan. Jelasnya.

“Kemudian, di desa bawahnya ada air terjun yang indah alami dan belum tercemar limbah.” Imbuhnya.

Menutup unggahan statusnya, Idi Bantara pun mengutip sebuah quote dari Pierre Teilhard de Chardin. “Masa depan adalah milik mereka yang memberikan alasan harapan bagi generasi berikutnya”.

camping Rehabilitasi Hutan dan Lahan - camping RHL - bukit kendeng way ratai pesawaran
(Foto: Arif Salam/BPDASHLWSS)

Kepala Bidang Destinasi dan Industri Dinas Pariwisata Pesawaran Yudiana pun sangat menyambut baik acara yang diadakan di Bukit Kendeng tersebut.

Bagi Yudiana, kegiatan penanaman RHL ini juga turut mengangkat keberadaan destinasi wisata yang mulai dikenal wisatawan ini.

“Senang sekali BPDASHL WSS mau mengadakan diskusi langsung di lokasi. Turut membantu kami dalam mengangkat destinasi wisata yang ada di Desa Sumber Jaya Kecamatan Way Ratai ini.” Kata Yudiana.

“Apalagi Pokdarwis juga turut dilibatkan. Sehingga bisa menambah wawasan seluruh anggota Pokdarwis,” imbuhnya.

Baca juga:
* Suasana Pagi Hari ini di Bukit Lantana

Selain memahami soal pariwisata, Yudiana menambahkan, anggota Pokdarwis juga bisa lebih memahami soal rehabilitasi hutan dan lahan.

“Sukses untuk Pokdarwis Sumber Jaya Way Ratai. Semoga wisata Bukit Kendeng semakin dikenal dan membawa manfaat bagi warga.” Tutup Yudiana.