Pulau Pahawang Pesawaran - ngetripkemanacom
Pulau Pahawang di Pesawaran yang indah memesona dan menawan hati siapa pun yang datang berkunjung. (Sumber foto: ngetripkemana.com)

Pulau Pahawang terkenal dengan keindahan pantai dan bawah lautnya. Sudah banyak yang mengakui pesonanya, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan lokal Lampung.

Dalam situasi normal pulau ini selalu ramai setiap akhir pekan dan hari libur nasional. Yuk cari tahu pesona Pulau Pahawang lebih dalam. Siapa tahu kamu jatuh hati dan ingin mengunjunginya.

Lokasinya Tidak Jauh dari Ibukota Provinsi

Pulau Pahawang Pesawaran - kelilinglampung.net - 2
(Sumber foto: kelilinglampung.net)

Pulau Pahawang masuk wilayah Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Tepatnya berada di Teluk Lampung.

Untuk bisa sampai di pulau, tidak memerlukan waktu berhari-hari. Sebab jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Bandar Lampung. Kalau lancar, hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk tiba di pulau.

Pulau Pahawang Wisata Andalan Lampung

Ada banyak tempat wisata di Lampung, Pahawang bisa dibilang menjadi salah satu idola. Tidak mengherankan kalau ditanya mau ke mana, wisatawan akan menjawab ‘ke Pahawang’.

Kabupaten Pesawaran bisa berbangga hati, destinasi wisatanya begitu populer di mata wisatawan.

Padahal di tahun 2010an masih sedikit wisatawan yang datang. Saat ini di situasi normal sebelum pandemi, bisa ribuan wisatawan yang datang  dalam satu hari.

Ada Penginapan di Atas Laut

Kamu tentu serinng melihat keindahan wisata Maldives yang begitu memesona. Liburan di pantai yang indah, dengan hiasan pepohonan nyiur, dan menginap di cottage yang berada di atas laut.

Pengalaman liburan seperti itu bisa kamu dapatkan saat liburan ke Pahawang di Pesawaran.

Selain itu, juga banyak penginapan di tepi pantai dengan suasana yang tidak kalah indahnya. Bisa kamu temukan di berbagai penjuru pulau.

Banyak Ikan Badut

Pulau Pahawang Pesawaran - kelilinglampung.net - 1
Ikan di foto ini termasuk salah satu jenis ikan badut (clownfish). (Sumber foto: kelilinglampung.net)

Banyak tidak mengetahui kalau Teluk Lampung memiliki banyak jenis ikan badut (clownfish). Sekali snorkeling, kalau beruntung, bisa menjumpai beberapa jenis ikan badut.

Ada ikan badut bewarna putih dengan corak bewarna oranye. Seperti yang pernah kamu tonton di film “Finding Nemo”. Juga ada clownfish warna dan corak lain di sini.

Bisa Island Hopping

Keuntungan lain liburan ke Pahawang adalah, kamu bisa mengunjungi beberapa pulau. Bisa mampir di Pulau Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Kelagian Besar, dan Kelagian Kecil.

Cukup 1 Hari

Keuntungan lain adalah, kamu bisa wisata bahari di sini dalam waktu 1 hari saja. Berangkat dari Bandar Lampung di pagi hari dan kembali ke rumah di sore atau malam hari.

Kamu bisa istirahat makan siang di rumah warga atau di cottage yang menyediakan makan siang.

Akses dan tiket masuk Pulau Pahawang

Akses masuk Pulau Pahawang sangat mudah. Kamu bisa menyeberang dari Dermaga Ketapang. Banyak perahu yang bisa kamu sewa seharian penuh.

Untuk tiket masuk pulau pada dasarnya tidak dikenakan biaya. Karena pulau ini sangat luas. Kecuali kamu masuk ke area pantai yang sudah dikelola warga atau pihak cottage.

Bagaimana? Tertarik mengunjunginya? Bisa menjadi alternatif wisata bagi kamu yang jenuh dengan bersantai di cafe atau mall. Tidak jauh dari Bandar Lampung, kamu bisa piknik di Pulau Pahawang dengan biaya terjangkau.