Ketua Pokdarwis Desa Sumber Jaya Way Ratai Pesawaran Sutoyo.jpg
Ketua Pokdarwis Desa Sumber Jaya, Way Ratai, Pesawaran, Sutoyo di jalan menuju puncak Bukit Kendeng. (Foto: Yopie Pangkey)

Desa Sumber Jaya Kecamatan Way Ratai terlihat lebih ramai dari biasanya selama 2 hari. Banyak wisatawan datang pada hari Sabtu dan Minggu, 19-20 Maret 2022.

Lebih dari 100 wisatawan berdatangan untuk mengikuti acara kemah bersama Dinas Kehutanan Provinsi Lampung. Yang diadakan oleh UPTD Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) XI Pesawaran bersama Pokdarwis Desa Sumber Jaya.

Baca juga:
* Kemah Bareng di Bukit Kendeng, Road to Festival Wisata Hutan Lampung 2022

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sumber Jaya Sutoyo mengatakan, desanya memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan desa lain yang sudah terkenal.

“Desa Sumber Jaya Pesawaran kami ini punya 2 destinasi wisata unggulan, Air Terjun Ciupang dan Bukit Kendeng. Kami turut menyukseskan program One Village One Destination dari bapak Bupati Dendi Ramadhona,” Kata Sutoyo, Minggu (20/03/2022).

“Bukit Kendeng mulai kami garap pertengahan tahun 2021 lalu. Berada di puncak, pengunjung bisa melihat keindahan alam ke semua arah 180 derajat.” Kata pria yang juga menjabat Kepala Dusun Tanjung Jaya Desa Sumber Jaya ini.

Bukit Kendeng berada di dalam kawasan hutan Register 21. Namun dengan adanya persetujuan Perhutanan Sosial, masyarakat bisa memanfaatkan lahan hingga pemanfaatan jasa lingkungan.

Dengan fasilitas seadanya, Sutoyo berharap, pengunjung tetap bisa betah dan puas saat berkunjung.

“Harap maklum dengan kondisi jalan aspal menuju desa kami. Ditambah dengan jalur mendaki ke puncak yang lumayan curam.” Ujarnya.

“Namun pengunjung bisa gunakan jasa ojek warga yang siap setiap saat. Lumayan bisa menghemat tenaga dibanding jika berjalan kaki ke atas,” imbuhnya.

Moch Alie akun @infolampung di BUkit Kendeng Desa Sumber Jaya Way Ratai
Pemilik akun Instagram @infolampung, Moch Alie, sedang duduk santai menikmati suasana di Bukit Kendeng, Desa Sumber Jaya, Kecamatan Way Ratai. (Foto: Yopie Pangkey)

Sedangkan untuk ke Air Terjun Ciupang berada sekitar 1 kilometer dari puncak Bukit Kendeng. Pengunjung bisa berjalan kaki sejauh sekitar 300 meter dari area parkir motor air terjun.

“Menuju Air Terjun Ciupang, dari parkiran motor bisa berjalan kaki santai. Jalurnya tidak terlalu sulit. Bisa dijangkau wisatawan berbagai kalangan,” Sutoyo menjelaskan.

“Air terjunnya indah, memiliki 2 tingkatan. Tinggi totalnya mungkin mencapai 50 meter,” Kata Sutoyo.

Tak lupa, Sutoyo mengimbau seluruh tamu air terjun dan Bukit Kendeng untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar.

“Bisa dibilang, berwisata ke Desa Sumber Jaya Way Ratai ini adalah wisata di dalam kawasan hutan. Kita harus bijak saat berwisata menikmati keindahan hutan.’ Ia berpesan.

“Segala keterbatasan bisa kami imbangi dengan keramahtamahan warga. Pengunjung bisa hubungi kami terlebih dahulu jika ingin datang. Bisa hubungi nomor telepon saya 0851-5522-1087.” Pungkasnya.

Salah seorang pengunjung di acara kemah bersama Dishut Lampung, Mochammad Alie mengatakan, Desa Sumber Jaya di Pesawaran ini benar-benar indah.

“Saya benar-benar betah di tempat yang menyuguhkan keindahan dari ketinggian ini. Bisa melihat bentangan perbukitan dan pegunungan juga laut di kejauhan. It’s amazing view from the top,” Kata pria pemilik akun Instagram @infolampung ini di Bukit Kendeng, Sabtu (19/03/2022).

Mr. Ali, panggilan akrabnya, mengakui dirinya tidak ragu buat mempromosikan keindahan Desa Sumber Jaya Way Ratai ini ke followernya di Instagram.

Baca juga:
* Bupati: Desa Harus Lebih Gali Potensi Sumber Daya Alam dan IT

“Saya sudah datang dan melihat secara langsung keindahannya. Cocok buat wisatawan yang suka dengan tempat wisata yang alami dan asri,” Kata Alie.

“Semangat buat kawan-kawan Desa Sumber Jaya Way Ratai. Semoga program One Villaga One Destination (OVOD) bisa menular ke desa-desa lain di Pesawaran,” Ujarnya.