Setapak Adventure Reforest Camp di Bukit Terbil Desa Bangun Rejo Punduh Pidada - 3
(Foto: dok. Setapak Adventure)

Setapak Adventure menyelenggarakan Reforest Camp di Bukit Terbil di Dusun Wonorejo, Desa Bangun Rejo, Punduh Pidada, Pesawaran, tanggal 26-27 Maret 2022.

Ketua Setapak Adventure Adi mengatakan, Reforest Camp ini menggabungkan beragam kegiatan. Mulai dari budaya, sosial, petualangan, dan pelestarian.

Baca juga:
* Pokdarwis Desa Batu Raja Giat Kembangkan Objek Wisata Baru

“Ini adalah ketiga kalinya komunitas Pecinta Alam Setapak menyelanggarakan kegiatan reforest.” Terang Adi.

“Kami mengajak semua kalangan, dari teman-teman KPH Pesawaran, teman-teman kaum muda, dan masyarakat melakukan satu kampanye, yaitu menghutankan hutan kembali.” Ia menambahkan.

Menurut Adi, saat ini banyak titik-titik kritis yang perlu diperhatikan.

“Kami mengajak kawan-kawan pecinta alam melakukan penanaman di kawasan hutan. Terutama di area yang kami anggap kritis.” Kata Adi.

“Untuk pesertanya berasal dari berbagai daerah di Lampung. Mereka akan naik ke puncak Bukit Terbil dan menginap di sana,” Adi menjelaskan.

Setapak Adventure Reforest Camp di Bukit Terbil Desa Bangun Rejo Punduh Pidada - 2.jpg
(Foto: yopiefranz)

Pada Sabtu (26/03/2022) sore, Setapak Adventure menyelenggarakan bakti sosial di Dusun Wonorejo. Kegiatannya berupa pemberian santunan dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga dusun.

Dilanjutkan dengan gelar budaya ‘Among-Among’. Semacam acara syukuran dan makan bersama dengan para tetua dusun.

Setelah Isya, peserta camp bersama-sama hiking menuju puncak Bukit Terbil. Kemudian mereka mengadakan Forest Night Sound, acara sukacita berupa hiburan lagu-lagu bertema alam.

Baca juga:
* 5 Fakta Menarik tentang Pesawaran

Pada Minggu (27/03/2022) pagi, pantia dan peserta bersama-sama menanam pohon di sekitar area camping Bukit Terbil.

“Semoga acara 3 bulanan ini bisa membawa manfaat. Warung-warung ramai pembeli, kearifan lokal dan lingkungan sekitar tetap lestari,” Tutup Adi.