Pelatihan Dasar Pemandu Wisata Kabupaten Pesawaran Tahun 2022 Dinas Pariwisata - 2
Kadis Pariwisata Pesawaran Ketut Partayasa bersama Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pesawaran Saptoni dan Kabid Kelembagaan Kepariwisataan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Yanti Yunidarti. (Foto: dok. Dispar Kab. Pesawaran)

Dinas Pariwisata mengadakan pelatihan dasar bagi para pemandu wisata Pesawaran selama 3 hari tanggal 8-10 Maret 2022, bertempat di Hotel De Green Bandar Lampung.

Peserta pelatihan diikuti oleh para pelaku usaha pariwisata dan Pokdarwis Kabupaten Pesawaran sebanyak 25 orang. Sedangkan nara sumber dari DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Propinsi Lampung.

Kabid Kelembagaan Dinas Pariwisata Pesawaran Azhari mengatakan, pelatihan ini bertujuan menghasilkan pelaku usaha yang berkompeten.

“Melalui pelatihan dasar pemandu wisata ini Dinas Pariwisata ingin para pemadu wisata lokal menjadi lebih berkompeten.” kata Azhari dalam sambutannya, Selasa (08/03/2022) siang.

“Kawan-kawan di desa menjadi lebih siap dalam menyambut tamu yang datang. Juga siap dalam situasi dan persaingan usaha wisata yang terus berkembang,” Paparnya.

Pelatihan Dasar Pemandu Wisata Kabupaten Pesawaran Tahun 2022 Dinas Pariwisata - 1

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran Ketut Partayasa mengatakan, pembangunan kepariwisataan harus didukung dengan sumber daya manusia yang berkompeten.

“Untuk itu kami mohon bantuannya dari kawan-kawan HPI, agar kawan-kawan pemandu bisa diberikan hal yang substansial. Lalu ilmunya bisa mereka sebarkan ke kawan-kawan lain di desanya.” kata Ketut Partayasa saat membuka acara pelatihan.

Sebagaimana visi misi Bupati, Lanjut Kadis Ketut Partayasa, bahwa orientasi pariwisata Kabupaten Pesawaran ini tidak saja mendorong destinasi yang sudah berjalan dengan baik.

“Kita juga mendorong destinasi baru, dalam hal ini kita mendorong One Village One Destination (OVOD)” ungkapnya.

“Karena kalau satu desa saja punya satu destinasi yang memang sudah jalan, desa itu bisa lebih mandiri dengan Pokdarwisnya atau dengan BUMDes-nya.”

“Sehingga pak Bupati dan pak Kapolres tidak sibuk lagi mengejar-ngejar kriminal, karena masyarakat sudah lebih sejahtera.” seloroh Kadis Ketut.

Menurut Kadis Pariwisata, pemandu wisata ini dalam konteks kemajuan pariwasata adalah sangat strategis. Mereka wajib memberikan pelayanan yang optimal bagi wisatawan.

“Melalui pelatihan ini kita harapkan para pemandu wisata Pesawaran bisa meningkatkan kualitas dan daya saing tenaga kerja.

Acara pembukaan kegiatan pelatihan ini turut dihadiri Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pesawaran Saptoni dan Kepala Dinas Parekraf Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kepala Bidang Kelembagaan Kepariwisataan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Yanti Yunidarti.